ANALISIS PENGUKURAN PRODUKTIVITAS DEPARTEMEN PRODUKSI DENGAN METODE OBJECTIVE MATRIX (OMAX) PADA CV. JAYA MANDIRI

rini setiowati(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


CV.Jaya mandiri adalah salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak dalam pembuatan produk baja dengan visinya yang selalu mengedepankan produktivitas dan kualitas. Permasalahan yang dibahas penelitian ini adalah berapakah tingkat produktivitas departemen produksi, berapakah nilai bobot dari masing – masing rasio, dan rasiomanakah yang memiliki nilai terendah. Metode pengukuran produktivitas yang digunakan adalah metode Objective Matrix (OMAX), sehingga langkah – langkah penelitian ini mengacu pada langkah – langkah OMAX, yaitu menentukan kriteria/rasio produktivitas lini produksi, perhitungan nilai rasio produktivitas, perhitungan nilai standar awal (skor 3), menentukan sasaran akhir (skor 10) dan nilai terendah (skor 0), penentuan bobot, perhitungan nilai/nilai kriteria, penentuan nilai produktivitas tiap periode, penentuan presentase index. Nilai produktivitas departemen produksi dari Januari sampai dengan Desember 2012 adalah 3,20, 4,43, 5,52, 6,03, 5,29, 4,20, 3,62, 7,76, 6,62, 5,33, 4,91, dan 5,00, dengan nilai rata - rata 5,16 (berada diatas nilai standar 3,00). 3. Rasio yang memiliki nilai terendah adalah rasio 6 (jumlah tenaga kerja absen/total tenaga kerja), karena pada rasio ini terjadi penurunan hampir disetiap periodenya.


Full Text:

PDF

References


Burnham, D. C. Productivity : An Overview, Handbook of Industrial Engeneering. New York : Jhon Willey & Son.

Gaspersz, Vincent. 2000. Manajemen Produktivitas Total. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Sinungan, Muchdarsyah. 2005. Produktivitas Apa dan Bagaimana ed.2. Jakarta : Bumi Aksara.

Sedarmayanti. 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung : Mandar Maju.

Sumanth D. J. 1984. Productivity Engineering and Management. New York : Mc Graw Hill.

Winardi. 2000. Azas - azas Manajemen. Bandung : Mandar Maju.

Winardi. 1990. Ekonomi Mikro. Bandung : Mandar Maju.

Saaty T. L. 1983. Decision Making for Leaders : The Analycal Hierarchy Process for Decission in Complex World. Pittsburgh : RWS Publication.

Jurnal Nasional “Pengukuran dan Analisis Produktivitas Lini Produksi PT.XYZ Dengan Menggunakan Metode Objective Matrix” oleh Riani Nurdin, Yasrin Zabidi.

Jurnal Nasional “Analisis Produktivitas Bagian Pengolahan Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX) (Studi Kasus Di Pt Perkebunan Nusantara Xii Ngrangkah Pawon Kabupaten Kediri)” oleh Nur Aditya Saddad, Panji Deoranto dan Ika Atsari Dewi.

Jurnal Pasti “Peningkatan Produktivitas Line Sheet Mesin 3 PT. Bakrie Building Industries Dengan Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX)” oleh Chuesnul Jaqin, Bambang Setiawan dan Charles P. Hutagalung.

Jurnal Pasti “Usulan Peningkatan Produktivitas Departemen Produksi PT Adis Dimension Footwear Dengan Metode Objective Matrix (OMAX)” oleh Tri Setiyanto, Tri Hastuti dan Yovanka.

Universitas Mercu Buana-Teknik Industri. 2013. Analisa Produktivitas.

Universitas Mercu Buana-Psikologi. 2013. Seminar Psikologi Terapan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v10i3.1321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




template doaj grammarly tools mendeley crossref SINTA sinta faktor exacta   Garuda Garuda Garuda Garuda Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Flag Counter

site
stats View Faktor Exacta Stats


pkp index