Pengaruh Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa SMP di Kalideres Jakarta Barat

Galuh Raga Paksi(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan pengaruh kebiasaan membaca dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis korelasi dan regresi, yaitu menghubungkan antara data yang menunjukkan kebiasaan membaca dan penguasaan kosakata dengan data yang menunjukkan kemampuan berbicara bahasa Inggris. Data tentang kebiasaan membaca diperoleh melalui angket yang disusun oleh peneliti, data tentang penguasaan kosakata diperoleh melalui tes penguasaan kosakata. Sedangkan data tentang kemampuan berbicara bahasa Inggris diperoleh dengan menguji kemampuan berbicara bahasa Inggris responden melalui tes wawancara. Hasil analisis diperoleh bahwa 1)Tidak terdapat pengaruh yang positif dan sangat signifikan kebiasaan membaca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris. Hal ini ditunjukkan nilai Sig = 0,343 dan Fhitung = 1,090 sedangkan Ftabel = 3,15, karena nilai Sig > 0,05 dan Fhitung < Ftabel maka pengaruh tersebut tidak signifikan. Sedangkan besarnya kontribusi kebiasaan membaca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama dalam memengaruhi kemampuan berbicara bahasa Inggris ditunjukkan oleh koefisien determinasi yaitu sebesar 3,7%, sisanya 96,3% disebabkan faktor-faktor yang lain. 2)Tidak terdapat pengaruh yang positif dan sangat signifikan kebiasaan membaca terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris. Hal ini dibuktikan oleh pengujian hipotesis, yaitu nilai Sig = 0,473 dan thitung = 0,723, sedangkan ttabel = 1,67. Dengan demikian Sig > 0,05 dan thitung < ttabel. 3)Tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan peguasaan kosakata terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris. Hal ini dibuktikan oleh pengujian hipotesis, yaitu nilai Sig = 0,187 dan thitung = 1,335, sedangkan ttabel = 1,67. Dengan demikian Sig > 0,05 dan thitung < ttabel.
 
Kata kunci: membaca, kosakata, berbicara

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Efendi, A. F. (2005). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Haris, L. A., & B.Smith, C. (1996). Reading Instruction Diagnostic Teaching in Classroom. London: Edward Arnold.

Nunan, D. (2003). Practical English Language Teaching. Singapore: Mc Graw Hill.

Richards, J. C., & Willy, A. R. (2003). Methodology in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Thornburry, S. (2003). Teaching Vocabulary Using Short Texts. The Asian EFL Journal.

Werningsih, E. (2007). Pembelajaran Bahasa dengan Fokus Berbicara. Jakarta : UT.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v10i02.2485

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Galuh Raga Paksi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.