Tipe-Tipe Plesetan Bahasa pada Kemasan Minuman Aqua

Ahmad Muzaki(1*), Yulia Agustin(2), Hilda Hilaliyah(3)

(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(2) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(3) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tipe permainan bahasa pada Kemasan Minuman Aqua. Penelitian ini sebagai bentuk pengayaan keilmuan terkait kajian linguistik. Penelitian ini pula dapat digunakan sebagai referensi guru dalam mengajarkan keterampilan menulis peserta didik. Selain itu, juga dapat digunakan sebagai refleksi bagi guru dalam mengajarkan peserta didiknya dalam penulisan kreatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengamatan dan teknik catat. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai instrumen penelitian. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan mengamati tipe-tipe plesetan bahasa pada kemasan minuman Aqua kemudian mengklasifikasikannya dalam tabel instrumen. Teknik validasi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu padan intralingual. Penelitian yang dilakukan terhadap 24 kemasan  minuman Aqua menghasilkan sejumlah data dan temuan tentang permainan bahasa.Permainan bahasa yang ditemukan dalam kemasan minuman Aqua akan diuraikan secara berurutan dari yang pemunculannya paling banyak yaitu plesetan frasal sebanyak 9 atau 37,5 %; plesetan morfemis sebanyak 6 atau 25 %; plesetan grafis sebanyak 3 atau 12,5 %; plesetan ideologis sebanyak 3 atau  12,5 %; plesetan fonologis sebanyak 2 atau 8,3 %, plesetan diskursi sebanyak 1 atau 4,2 %, dan plesetan kalimat tidak ditemukan atau 0 %.

Kata kunci: Permainan bahasa, plesetan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Mahsun. (2007). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan ke-21. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sibarani, R. (2003). “Fenomena Bahasa Plesetan dalam Bahasa Indonesia” dalam Linguistik Indonesia: Jurnal Ilmiah Masyarakat Linguistik Indonesia, Agustus, Nomor 2, 2003.

Wijana, I D. P. (2003). Wacana Dagadu, Permainan Bahasa, dan Ilmu Bahasa. Universitas Gadjah Mada. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar.

Wijana, I .D. P dan Muhammad Rohmadi. (2009). Analisis Wacana Pragmatik Kajian: Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.

(https://addresslengkap.blogspot.co.id/2015/09/company-profile-pt-aqua golden.html). (Diakses Kamis, 23/3/2017 pukul 16.45)




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v10i01.2150

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ahmad Muzaki, Yulia Agustin, Hilda Hilaliyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.